MODUL 1 KREATIVITAS DAN INOVASI
BERFIKIR DIVERGEN DAN KONVERGEN
LATIHAN PEMAHAMAN
Di bawah ini adalah karakteristik penting yang harus diperhatikan saat menggali ide sebanyak-banyaknya atau berpikir divergen, kecuali
JAWABAN: simplicity
CERITA REFLEKTIF
Aktivitas kelas seperti apa yang cocok Anda lakukan untuk melatih proses berpikir divergen atau konvergen pada peserta didik?
Metode project based learning akan membuat siswa berpikir kritis dan analisis pada saat membuat suatu projek yang diberikan oleh guru
GAGASAN BARU: BAGI SAYA VS ORANG LAIN
LATIHAN PEMAHAMAN
Ide kreatif yang muncul harus memiliki kebaruan atau memiliki aspek
JAWABAN: orisinalitas
CERITA REFLEKTIF
Bagaimana cara Anda memunculkan ide kreatif pada peserta didik dalam proses pembelajaran?
JAWABAN: Dengan jalan memberi kesempatan siswa untuk bertanya (questioning), menyelidik (inquiry), mencari (searching), menerapkan (manipulating) dan menguji coba (experimenting). Kebanyakan yang terjadi di lapangan adalah aktifitas ini jarang ditemui karena siswa hanya mendapatkan informasi yang bagi mereka adalah hal yang abstrak.
DARI KESALAHAN KE IDE ORISINALITAS
LATIHAN PEMAHAMAN
Aspek yang membedakan produk unik yang dihasilkan dari usaha seseorang dengan produk unik yang tercipta secara tidak sengaja adalah
JAWABAN: Aktivitas pembelajaran yang sangat dianjurkan untuk melatih proses berpikir divergen atau konvergen pada peserta didik adalah dengan menggunakan metode pembelajaran project based learning.
JAWABAN: efektivitas
CERITA REFLEKTIF
Evaluasi seperti apa yang Anda berikan pada peserta didik untuk menghasilkan karya pemikiran yang kreatif?
JAWABAN: Supaya peserta didik dapat menghasilkan karya pemikiran yang kreatif, maka saya akan memberikan evaluasi tes uraian bebas. Sebab hal ini dapat memberikan peserta didik bisa menjawab pertanyaan dengan kreatif dan menggunakan sistematikanya sendiri.
Dengan evaluasi tes uraian bebas, peserta didik bisa dengan bebas mengemukakan pemikirannya, pendapat dan argumentasi tanpa diberi batasan-batasan tertentu. Namun kendati demikian dalam memberikan penilaian guru tetap harus memiliki patokan tertentu.
MENGAMBIL RESIKO
LATIHAN PEMAHAMAN
Maksud dari mengambil risiko dalam ide baru antara lain adalah…
JAWABAN: Berani mencoba hal yg belum teruji
CERITA REFLEKTIF
Hal apa yang sebaiknya Anda lakukan untuk mendorong peserta didik berani mengambil risiko saat di kelas?
JAWABAN:
Hal yg sebaiknya guru lakukan untuk mendorong peserta didik berani mengambil resiko saat di kelas:
– Pertama, lakukan percakapan nyata dengan anak-anak, jangan hanya memberi mereka instruksi.
– Kedua, memperkenalkan risiko secara bertahap. Biarkan anak-anak mencoba hal-hal baru dengan perlahan meningkatkan tingkat kesulitan
– Ketiga, asumsikan semua peserta didik bahwa mereka kompeten, apa pun jenis kelaminnya.
– Keempat, berdekatan tetapi biarkan anak-anak memiliki rasa otoritas terhadap dirinya. Anak-anak tidak selalu ingin diawasi. Cari peluang untuk membuat mereka merasa seolah-olah mereka sendirian, atau tidak terlihat. Berdekatan, tetapi biarkan mereka berpikir bahwa mereka sedang bermain secara mandiri.
– Kelima, diskusikan risiko pada waktu yang tidak secara langsung melibatkannya.
Soal dan Jawaban Post Test Modul 1 Kreativitas dan Inovasi
1 Proses memunculkan satu kemungkinan solusi pada suatu masalah disebut juga sebagai …..
a. berpikir logis
b. berpikir divergen
c. berpikir analitis
d. berpikir konvergen
Jawaban alternatif : d. berpikir konvergen
2. Budi menyalin sebuah karya tulis dari laman internet yang ia temukan. Kemudian, ia kumpulkan sebagai tugas karya tulis buatannya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sementara itu, untuk mata pelajaran Seni dan Budaya, Santi membawa contoh gambar lukisan bunga matahari yang ia temukan dari laman internet. Contoh lukisan bunga tersebut digunakan sebagai acuan memodifikasi lukisannya yang bertema pekarangan rumah. Dari cerita di atas, dapat di simpulkan bahwa …..
a. budi menjiplak dan santi terinspirasi karya lain
b. budi terinspirasi dan santi menjiplak karya lain
c. budi dan santi menjiplak karya lain
d. budi dan santi terinspirasi karya lain
Jawaban alternatif : a. budi menjiplak dan santi terinspirasi karya lain
3. Saat kelas 2 SD, Kana sangat belum kagum ketika melihat teman kelasnya membuat prakarya dari batang korek api. Menurut Kana, apa yang dibuat oleh temannya sangat kreatif dan baru. Namun, bagi Pak Amar, seorang guru seni, prakarya tersebut tidaklah baru. Karena merupakan bahan materi ajar untuk peserta didik kelas 3 SD. Ilustrasi di atas menunjukkan prinsip orisinalitas yang bersifat relatif, yaitu …..
a. sesuatu yang baru bagi seorang sudah pasti menjadi hal yang tidak biasa bagi orang lain
b. sesuatu yang baru bagi seseorang bisa jadi sudah menjadi hal yang biasa bagi orang lain
c. sesuatu yang baru bagi seseorang sudah pasti menjadi hal yang biasa bagi orang lain
d. sesuatu yang baru bagi seseorang sudah pasti baru bagi orang lain
Jawaban alternatif : b. sesuatu yang baru bagi seseorang bisa jadi sudah menjadi hal yang biasa bagi orang lain
4. Silahkan lihat kegiatan-kegiatan berikut ini.
1. guru memberikan pertanyaan pemicu mengenai perubahan iklim
2. guru memberikan aturan yang ketat dalam tugas eksperimen sains
3. peserta didik berada dalam lingkungan pembelajaran yang membuatnya tertekan
4. peserta didik diberikan apresiasi atas keberaniannya dalam menuangkan ide
Apa saja kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru untuk mendorong peserta didiknya menjadi pribadi yang kreatif ?
a. 1 dan 2
b. 3 dan 4
c. 1 dan 4
d. 2 dan 3
Jawaban alternatif : c. 1 dan 4
Itulah soal dan pembahasan untuk jawaban alternatif sebagai tambahan referensi ya bapak ibu. Semoga bermanfaat.