Assalamualaikum wr.wb
Selamat datang di Blog Dwija Gumilar,Nguri-uri Basa Jawa.
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang Standar Isi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa SMP/SMPLB/MTs Provinsi Jawa Tengah. Di dalam Standar isi Kurikulum 2013 Mulok Bahasa Jawa ini terdiri dari Standar Kelulusan dan Standar isi yang terdiri dari Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dari kelas 7, 8, 9.
STANDAR ISI
KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA JAWA SMP/SMPLB/MTs PROVINSI JAWA TENGAH
- STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Sikap | Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sikap sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. |
Pengetahuan | Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. |
Keterampilan | Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain sejenis. |
2. STANDAR ISI
Kelas VII/1
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
Sikap Spiritual |
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. |
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Jawa sebagai bahasa Ibu untuk mendukung bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan kesatuan bangsa. 1.2 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Jawa dan memanfaatkannya sebagai sarana komunikasi masyarakat Jawa masyarakat Jawa. |
Sikap Sosial |
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. |
2.1 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi dan gotong royong), santun, percaya diri dalam menyampaikan informasi atau menanggapan berbagai hal/keperluan sesuai dengan tata krama Jawa. 2.2 Menunjukkan perilaku berbahasa yang santun yang ditunjukkan dengan ketepatan penggunaan ragam bahasa (unggah ungguh basa). 2.3 Menunjukkan perilaku, tindakan, dan perbuatan yang mencerminkan kepribadian Jawa. |
Pengetahuan |
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata. |
3.1 Memahami isi teks narasi tentang peristiwa atau kejadian. 3.2 Menelaah teks Serat Piwulang Wulangreh pupuh Pangkur. 3.3 Memahami isi teks cerita rakyat. 3.4 Memahami isi teks cerita pengalaman yang mengesankan. |
Keterampilan |
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
4.1 Meringkas isi teks narasi tentang peristiwa atau kejadian dengan ragam krama. 4.2 Menanggapi isi teks piwulang serat Wulangreh pupuh Pangkur. 4.3 Menceritakan kembali isi teks cerita rakyat dengan ragam ngoko. 4.4 Menulis teks cerita pengalaman yang mengesankan. 4.5 Membaca nyaring dan menulis teks 1 (satu) paragraf berhuruf Jawa. |
Kelas VII/2
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
Sikap Spiritual |
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. |
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Jawa sebagai bahasa Ibu untuk mendukung bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan kesatuan bangsa. 1.2 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Jawa dan memanfaatkannya sebagai sarana komunikasi masyarakat Jawa masyarakat Jawa. |
Sikap Sosial |
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. |
2.1 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi dan gotong royong), santun, percaya diri dalam menyampaikan informasi atau menanggapan berbagai hal/keperluan sesuai dengan tata krama Jawa. 2.2 Menunjukkan perilaku berbahasa yang santun yang ditunjukkan dengan ketepatan penggunaan ragam bahasa (unggah ungguh basa). 2.3 Menunjukkan perilaku, tindakan, dan perbuatan yang mencerminkan kepribadian Jawa. |
Pengetahuan |
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata. |
3.1 Memahami isi teks deskriptif tentang peristiwa budaya. 3.2 Menelaah teks piwulang serat Wulangreh pupuh Sinom. 3.3 Menelaah cerita Ramayana (Kidang Kencana). 3.4 Menelaah dialog/percakapan. |
Keterampilan |
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
4.1 Menanggapi isi teks deskriptif tentang peristiwa budaya dengan ragam krama. 4.2 Menanggapi teks piwulang serat Wulangreh pupuh Sinom dengan ragam krama. 4.3 Meringkas isi teks cerita Ramayana (Kidang Kencana). 4.4 Menulis teks dialog sederhana. 4.5 Mengalihaksarakan teks cerita Ramayana (Kidang Kencana) 1 (satu) paragraf berhuruf Latin ke huruf Jawa. |
KELAS VIII/1
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
|
Sikap Spiritual |
||
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. |
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Jawa sebagai bahasa Ibu untuk mendukung bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan kesatuan bangsa. 1.2 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Jawa dan memanfaatkannya sebagai sarana komunikasi masyarakat Jawa masyarakat Jawa. |
|
Sikap Sosial |
||
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. |
2.1 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi dan gotong royong), santun, percaya diri dalam menyampaikan informasi atau menanggapan berbagai hal/keperluan sesuai dengan tata krama Jawa. 2.2 Menunjukkan perilaku berbahasa yang santun yang ditunjukkan dengan ketepatan penggunaan ragam bahasa (unggah ungguh basa). 2.3 Menunjukkan perilaku, tindakan, dan perbuatan yang mencerminkan kepribadian Jawa. |
|
Pengetahuan |
||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata. |
3.1 Memahami isi teks cerita legenda. 3.2 Menelaah teks piwulang serat Wulangreh pupuh Gambuh. 3.3 Menelaah teks berita. 3.4 Memahami isi teks dialog berisi pesan. |
|
Keterampilan |
||
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
4.1 4.2 4.3 4.4 4.5 |
Menceritakan kembali cerita legenda dengan dialeg setempat. Menanggapi teks piwulang serat Wulangreh pupuh Gambuh. Menulis berita dan membaca teknik. Menyampaikan pesan secara lisan. Mengalihaksarakan serat Wulangreh pupuh Gambuh satu pada dari huruf latin ke huruf Jawa. |
Kelas VIII/2
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
|
Sikap Spiritual |
||
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. |
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Jawa sebagai bahasa Ibu untuk mendukung bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan kesatuan bangsa. 1.2 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Jawa dan memanfaatkannya sebagai sarana komunikasi masyarakat Jawa masyarakat Jawa. |
|
Sikap Sosial |
||
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. |
2.1 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi dan gotong royong), santun, percaya diri dalam menyampaikan informasi atau menanggapan berbagai hal/keperluan sesuai dengan tata krama Jawa. 2.2 Menunjukkan perilaku berbahasa yang santun yang ditunjukkan dengan ketepatan penggunaan ragam bahasa (unggah ungguh basa). 2.3 Menunjukkan perilaku, tindakan, dan perbuatan yang mencerminkan kepribadian Jawa. |
|
Pengetahuan |
||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata. |
3.1 3.2 3.3 3.4 |
Memahami isi teks cerita Ramayana (Resi Jatayu). Menelaah teks piwulang serat Wulangreh pupuh Kinanthi. Memahami teks legenda/asal-usul tempat. Memahami isi teks dialog. |
Keterampilan |
||
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
4.1 4.2 4.3 4.4 4.5 |
Menanggapi isi teks cerita Ramayana (Resi Jatayu) dengan ragam krama. Menulis syair tembang Kinanthi. Meringkas isi teks legenda/asal-usul tempat dengan ragam krama. Menulis dan menyajikan teks dialog yang melibatkan tokoh orang tua. Menyalin satu paragraf teks berhuruf latin ke teks berhuruf Jawa |
Kelas IX/1
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
|
Sikap Spiritual |
||
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. |
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Jawa sebagai bahasa Ibu untuk mendukung bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan kesatuan bangsa. 1.2 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Jawa dan memanfaatkannya sebagai sarana komunikasi masyarakat Jawa masyarakat Jawa. |
|
Sikap Sosial |
||
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. |
2.1 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi dan gotong royong), santun, percaya diri dalam menyampaikan informasi atau menanggapan berbagai hal/keperluan sesuai dengan tata krama Jawa. 2.2 Menunjukkan perilaku berbahasa yang santun yang ditunjukkan dengan ketepatan penggunaan ragam bahasa (unggah ungguh basa). 2.3 Menunjukkan perilaku, tindakan, dan perbuatan yang mencerminkan kepribadian Jawa. |
|
Pengetahuan |
||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata. |
3.1 3.2 3.3 3.4 |
Memahami teks cerita Ramayana (Anoman Duta). Menelaah teks piwulang serat Wulangreh pupuh Dhandhanggula. Menelaah naskah sandiwara. Menelaah teks deskriptif tentang upacara adat. |
Keterampilan |
||
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
4.1 4.2 4.3 4.4 4.5 |
Menanggapi isi teks cerita Ramayana Anoman Duta dengan ragam krama. Menulis syair tembang macapat Dhandhanggula. Menulis dan menyajikan naskah sandiwara. Menulis teks deskriptif tentang upacara adat. Mengalihaksarakan syair tembang macapat Dhandhanggula karangan sendiri dari huruf Latin ke huruf Jawa. |
Kelas IX/2
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
Sikap Spiritual |
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. |
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Jawa sebagai bahasa Ibu untuk mendukung bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan kesatuan bangsa. 1.2 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Jawa dan memanfaatkannya sebagai sarana komunikasi masyarakat Jawa masyarakat Jawa. |
Sikap Sosial |
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. |
2.1 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi dan gotong royong), santun, percaya diri dalam menyampaikan informasi atau menanggapan berbagai hal/keperluan sesuai dengan tata krama Jawa. 2.2 Menunjukkan perilaku berbahasa yang santun yang ditunjukkan dengan ketepatan penggunaan ragam bahasa (unggah ungguh basa). 2.3 Menunjukkan perilaku, tindakan, dan perbuatan yang mencerminkan kepribadian Jawa. |
Pengetahuan |
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata. |
3.1 Memahami isi teks geguritan. 3.2 Menelaah teks piwulang serat Wulangreh pupuh Durma. 3.3 Menelaah teks pidato. 3.4 Memahami sandiwara tradisional Jawa. |
Keterampilan |
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
4.1 Menulis dan membaca geguritan. 4.2 Menulis dan memeragakan dialog drama sekolah. 4.3 Membuat dan menyampaikan teks pidato.. 4.4 Menanggapi isi teks cerita kethoprak/wayang dengan ragam krama. |
Bagi yang ingin download file Standar Isi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa SMP/SMPLB/MTs Provinsi Jawa Tengah, Silahkan download file di bawah ini !
Standar Kelulusan Bahsa Jawa DOWNLOAD DISINI
Standar Isi / KI KD Kelas 7 Semester Gasal DOWNLOAD DISINI
Standar Isi / KI KD Kelas 7 Semester Genap DOWNLOAD DISINI
Standar Isi / KI KD Kelas 8 Semester Gasal DOWNLOAD DISINI
Standar Isi / KI KD Kelas 8 Semester Genap DOWNLOAD DISINI
Standar Isi / KI KD Kelas 9 Semester Gasal DOWNLOAD DISINI
Standar Isi / KI KD Kelas 9 Semester Genap DOWNLOAD DISIN
Bagi Bapak /Ibu yang membutuhkan file perangkat Bahasa Jawa Lengkap :
- Silabus
- Program Tahunan ( PROTA )
- Program Semester ( PROMES )
- RPP 1 Lembar
- Rincian Minggu Efektif ( RME )
Kelas 7,8,9 baik semester gasal maupun genap bisa menghubungi Nomer WA : 085229675992
Demikian tadi Standar Isi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa SMP/SMPLB/MTs Provinsi Jawa Tengah, Semoga bermanfaat bagi kita semua dan semoga Bahasa Jawa tetap lestari sepanjang masa. Aamiin.