RENCANAPELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
SatuanPendidikan : SMP
MataPelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : VII/Genap
MateriPokok : Teks deskriptif tentang peristiwa budaya
AlokasiWaktu : 4 JP (2 kali pertemuan )
Tahun Pelajaran : 2021/ 2022
TujuanPembelajaran |
1. Melalui model pembelajaran pertemuan 1 dengan Problem Based Learning peserta didik diharapkan dapat : memahami teks deskriptif tentang peristiwa budaya dan menyampaikan nilai positif dari Teks deskriptif tentang peristiwa budaya. 2. Pertemuan 2 discovery learning peserta didik diharapkan dapat : Menanggapi isi teks deskriptif tentang peristiwa budaya dan menuliskan ringkasan bacaan. dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik |
KegiatanPembelajaran |
1. Pertemuan ke 1 1. Guru memperdengarkan teks deskriptif tentang peristiwa budaya , peserta didik mendengarkan teks deskriptif tentang peristiwa budaya.(mengamati) 2. Guru memberi kesempatan peserta didik mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan (menanya) 3. Guru membimbing peserta didik dalam mendiskusikan isiteks dan menuliskan isi wacana yang didengar. (mengumpulkan informasi) 4. Peserta didik berdiskusi tentang teknik untuk mengungkapkan isi wacana yang didengar . (mengasosiasi) 5. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk mengungkapkan isi wacana, peserta didik mengemukakan pendapat secara lisan isi teks deskriptif yang didengar dan menuliskan isi wacana tersebut ( mengkomunikasikan) 2. Pertemuan ke 2 1. Guru membagikan teks deskriptif, peserta didik membaca teks deskriptif. (mengamati) 2. Guru memberikan kesempatan peserta didik mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan, peserta didik bertanya jawab tentang kata-kata sulit yang terdapat pada teks deskriptif. (menanya) 3. Guru membimbing peserta didik dalam berdiskusi cara membuat ringkasan, teknik menceritakan kembali isi wacana, dan teknik membuat tanggapan isi bacaan, peserta didik berdiskusi tentang cara membuat ringkasan bacaan. (mengumpulkan informasi) 4. Guru mengamati dan memberi bimbingan kepada peserta didik dalam menulis ringkasan bacaan dan pokok-pokok isi bacaan, perserta didik berlatih menulis pokok-pokok isi bacaan. (mengasosiasi) 5. Peserta didik menuliskan ringkasan bacaan dan menceritakan kembali isi bacaan ( mengkomunikasikan ). |
Penilaian |
1. Sikap (Menggunakan teknik observasi dan bentuk instrument berupa lembar pengamatan) 2. Pengetahuan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan penugasan, sedangkan bentuk instrument berupa LKPD dan soal uraian) 3. Keterampilan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan bentuk instrumennya adalah soal uraian. |
, Januari 2022
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
—————————- ————————–
NIP. NIP.
WA : 085229675992