MODUL AJAR

BAHASA JAWA

Nama Sekolah             :    SMP

Mata Pelajaran             :    Bahasa Jawa

Fase/Kelas/Semester   :    D/9/2

Materi                          :    Teks Piwulang Serat Wulangreh Pupuh Durma

Pokok Bahasan            :    Tembang Macapat Durma

Alokasi Waktu               :    6 JP @40 menit

Pertemuan Ke-             :    4-6

A.    Kompetensi awal (Materi Prasyarat)

Kompetensi awal yang dimiliki peserta didik untuk mencapai tujuan pada pembelajaran ini adalah :

  • Peserta didik mampu memahami paugeran tembang macapat durma
  • Peserta didik mampu memahami isi tembang macapat durma

B.  Profil PelajarPancasila yang dikembangkan

  1. Bernalar Kritis : Menganalisis paugeran (guru gatra, guru wilangan, guru lagu) dalam tembang macapat durma serta menanggapi pertanyaan terkait tembung angel dalam tembang macapat durma secara berkelompok.
    1. Kreatif : Menemukan amanat dalam tembang macapat durma
    1. Mandiri : Mampu menyelesaikan soal dengan cara sendiri
    1. Berkebinekaan global : memunculkan sikap toleransi terhadap teman yang berbeda budaya, tradisi, dan keyakinan.
  • Sarana dan Prasarana (Media Pembelajaran)
    • Gambar
    • Video
    • HP
    • LKPD
    • Buku guru
    • Buku peserta didik
    • Spidol
  • Target Peserta Didik

Pada kelas yang bersifat heterogen, terdapat peserta didik dengan berbagai macam kompetensi  yang tidak mungkin sama antara peserta didik satu dengan yang lainnya. Ada yang mengalami kesulitan, ada yang mampu menguasai topik pembelajaran, dan ada yang memiliki kecepatan belajar. Untuk menindak lanjuti berbagai macam kompetensi peserta didik maka kelas menerapkan pembelajaran berdeferensiasi

  1. Penanganan untuk peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, guru dapat menerapkan pembelajaran dengan teknik bimbingan individu atau menggunakan tutor sebaya untuk membimbing peserta didik sehingga dapat mencapai capaian pembelajaran.
  2. Penanganan peserta didik yang mampu menguasai pembelajaran dapat memberdayakan untuk menjadi tutor sebaya untuk peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.
  3. Penanganan untuk peserta didik yang memiliki kecepatan belajar, guru dapat memberdayakan mereka menjadi tutor sebaya atau memberikan pengayaan yang bersumber dari sumber belajar yang beragam

E.     Model Pembelajaran

Cooperative learning tipe jigsaw

F.     Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik mampu mendiskusikan dan mengartikan kata-kata yang dianggap sulit
    1. Peseta didik mampu menganalisis isi tembang durma sesuai dengan kreativitasnya
    1. Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur tembang macapat durma dengan berdiskusi

G.   Rencana Asesmen

  1. Formatif              :
    1. Awal Pembelajaran         : Soal materi prasyarat
  2. Minggu wingi awake dhewe wis nyianaoni tembang macapat apa cah?
  3. Apa tegese durma iku?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don`t copy text!