Assalamualaikum Wr.Wb.

Dwija Gumilar – Nguri-uri Basa Jawa

Kepada Bapak/Ibu guru Bahasa Jawa, selamat datang dan selamat berkunjung di Blog Dwija Gumilar.

Kali ini saya akan berbagi Capaian Pembelajaran (CP) Fase D Bahasa Jawa Kurikulum Merdeka.

Pada Tahun Pelajaran 2022/2023, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) secara resmi mengeluarkan kebijakan yaitu pelaksanaan Kurikulum Merdeka yang diberikan kepada satuan pendidikan.

Pada Kesempatan kali ini saya akan membagikan CP ( Capaian Pembelajaran ) Fase D mata pelajaran Bahasa Jawa SMP Kurikulum Merdeka.

CAPAIAN PEMBELAJARAN ( CP ) FASE D BAHASA JAWA KURIKULUM MERDEKA

Fase D  (Umumnya untuk kelas VII, VIII, IX SMP)

Pada akhir fase D, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa Jawa dengan santun sesuai dengan kaidah undha usuk basa dan tata bahasa (paramasastra dan kagunan basa) untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dalam konteks sosial dan budaya. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik sosial budaya dan karya sastra (tembang Macapat, parikan, dongeng, geguritan, cerita pendek, cerita rakyat, cerita wayang). Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan menanggapi informasi nonsastra (tentang sosial budaya) dan sastra (tembang Macapat, parikan, dongeng, geguritan, cerita pendek, cerita rakyat, cerita wayang) yang dipaparkan ; Peserta didik memiliki kemampuan kosa kata tentang busananing basa dan ungkapan Jawa.  Peserta didik menulis berbagai teks (nonsastra dan sastra) untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur, dan menuliskan tanggapannya terhadap paparan dan bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; Peserta didik mampu menulis teks dengan huruf Jawa sesuai dengan kaidah penulisan huruf Jawa. Peserta didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan berbagai teks (nonsastra dan sastra) penguatan karakter.

CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) FASE D BERDASARKAN ELEMEN.

MENYIMAK

Capaian Pembelajaran (CP) : Peserta didik mampu menganalisis dan mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari berbagai tipe teks non sastra (konteks social budaya). Peserta didik mampu menganalisis dan mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari teks sastra(tembang macapat, parikan, dongeng, geguritan, cerita pendek, cerita rakyat, cerita wayang/ramayana) audiovisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topic aktual yang didengar.

MEMBACA

Capaian Pembelajaran (CP) : Peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari teksdeskripsi, narasi(kontekssocialbudaya). Peserta didik mampu membaca teks sastra(tembang macapat, parikan, dongeng, geguritan, ceritapendek, ceritarakyat, ceritawayang) dari teks visual dan audio visual. Peserta didik mampu membaca teks aksaraJawauntuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik mampu menginterpretasikan informasiuntuk mengungkapkan simpati, kepedulian, empati atau pendapat pro dan kontra dari teks visual dan audiovisual. Peserta didik mampu menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan informasi pada teks. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai topic actual tentang sosial dan budaya yang dibaca dan dipirsa.

BERBICARA

Capaian Pembelajaran : Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dengan bahasa Jawa sesuai dengan kaidah undha-usuk basa dan tata bahasa untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menggunakan dan mengembangkan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif dan kiasan tentang busananing basa dan ungkapan Jawa untuk berbicara dan mempresentasikan. Peserta didik mampu menggunakan ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik mampu berdiskusi secara aktif, kontributif, efektif, dan santun. Peserta didik mampu menuturkan dan menyajikan ungkapan simpati, empati, peduli, perasaan dan penghargaan dalam bentuk teks informasional dan sastra melalui teks multimodal. Peserta didik mampu mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai topik aktual  tentang sosial budaya secara kritis.

MENULIS

Capaian Pembelajaran : Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis tentang social budaya untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif dengan menggunakan bahasa Jawa sesuai kaidah undha usuk basa dan tata bahasa. Peserta didik juga menulis teks aksara Jawa sesuai kaidah penulisan aksara Jawa. Peserta didik menyampaikan ungkapan rasa simpati, empati, peduli, dan pendapat pro/kontra secara etis dalam memberikan penghargaan secara tertulis dalam teks multimodal. Peserta didik mampu menggunakan dan mengembangkan kosa kata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan tentang busananing basa dan ungkapan Jawa untuk menulis. Peserta didik mampu menyampaikan tulisan berdasarkan fakta, pengalaman, dan imajinasi secara indah dan menarik dalam bentuk gancaran (prosa) dan geguritan (puisi) dengan penggunaan kosa kata secara kreatif.

Jika anda membutuhkan file CP ( Capaian Pembelajaran ) Fase D Bahasa Jawa SMP Kurikulum Merdeka :

Demikian Capaian Pembelajaran ( CP ) Fase D Mata Pelajaran Bahasa Jawa SMP Kurikulum Merdeka, Semoga bermanfaat untuk kita semua, Aamiin.

Jika menemui kendala ( 0882003349239)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don`t copy text!