Assalamualaikum Wr.Wb.

Kepada Bapak/Ibu guru Bahasa Jawa, selamat datang dan selamat berkunjung ke blog saya. Kali ini saya akan berbagi Program Tahunan ( PROTA ) Bahasa Jawa SMP/MTs Kelas 7 Semester Gasal

Prota merupakan administrasi pembelajaran yang dijadikan sebagai pedoman dalam penyusunan administrasi berikutnya.

Penyusunan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dikembangkan dengan berpedoman pada Prota dan Promes.

Dengan demikian, penyusunan prota dan promes harus benar-benar sesuai ketentuan yang ditetapkan agar dapat dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan administrasi pembelajaran lainnya.

Program Tahunan (Prota) adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan pembelajaran (Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar) yang ditetapkan.

Penetapan alokasi waktu dibutuhkan agar seluruh Kompetensi Dasar dapat dicapai dan dikuasai oleh peserta didik. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai struktur kurikulum yang berlaku dan juga keluasan materi yang harus dikuasai peserta didik.

Prota menjadi program umum untuk setiap mata pelajaran. Prota berisi garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru yang bersangkutan.

Prota menjadi pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, seperti program semester (promes), rencana mingguan, rencana harian, silabus, dan juga sistem penilaian pembelajaran.

Langkah-langkah Penyusunan Prota

Penyusunan Prota harus dilakukan berdasarkan tahapan yang ditetapkan. Langkah-langkah penyusunan Prota adalah sebagai berikut.

  1. Mengidentifikasi jumlah Kompetensi Dasar dan Indikator dalam satu tahun;
  2. Mengidentifikasi keluasan dan kedalaman Kompetensi Dasar dan Indikator;
  3. Melakukan pemetaan Kompetensi Dasar untuk setiap semester; dan
  4. Menentukan alokasi waktu tiap Kompetensi Dasar dengan memperhatikan    minggu efektif.

Program Tahunan selanjutnya dijabarkan secara rinci pada Program Semester (Promes). Prota dibuat oleh guru sebelum tahun ajaran baru dimulai karena menjadi pedoman pengembangan program-program berikutnya.

Prota Bahasa Jawa Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *